Inilah Mobil Ferrari Tertua Di Dunia



Inilah Mobil Ferrari Tertua Di Dunia [ www.BlogApaAja.com ]

Dengan tubuh kecil, dan ban "cacing"mobil ini tidaklah tampak sebagai mobil sport yang powerfull seperti kebanyakanmobil sport masa kini. Tapi, ini adalah salah satu mobil Ferrari pertama didunia. Harganya pun kini sudah mencapai Rp 75,9 miliar.

Mobil ini adalah Ferrari 166 SpyderCorsa yang dianggap banyak orang sebagai salah satu mobil Ferraritertua di dunia yang masih dalam kondisi prima. Kini, mobil lansiran 1947yang dibuat Enzo Ferrari sesaat setelah Perang Dunia II itu tampil kembalisetelah selesai di restorasi.

Sang pemilik Jim Glickenhaus dari Californiamengatakan kalau butuh dana hingga US$500.000 atau sekitar Rp 4,74 miliar.Setelah kembali ke kondisi fisik yang prima, harga mobil ini pun melambunghingga US$ 8 juta atau sekitar Rp 75,9 miliar.

Padahal di 2004 lalu Glickenhaus hanya membelimobil yang memenangi Turin Grand Prix tahun 1947 ini dengan harga US$ 770 ribu.

Inilah Mobil Ferrari Tertua Di Dunia [ www.BlogApaAja.com ]

"Saya membeli mobil di pelelang padatahun 2004 dengan harga sekitar $ 770.000. Segera setelah mata saya melihatnya,ada cinta pada pandangan pertama. Tidak ada mobil lain yang seperti ini diplanet ini. Duduk di dalamnya adalah seperti memundurkan waktu -- dan mobil iniadalah mimpi untuk mengemudi," katanya seperti detikOto kutip dari DailyMail.

Mobil ini memiliki nomor 002 dan pertama kalidijual Enzo Ferrari pada Desember 1947 setelah mobil pertama buatannya (nomor001) mengalami kecelakaan.

Namun, kehadiran mobil ini yang diklaimsebagai Ferrari tertua di dunia bukanlah yang pertama kali terjadi. Karena ditahun 2006 ada seorang pemilik Ferrari yang memiliki sasis 001C yang mengklaimmobilnya sebagai Ferrari tertua di dunia.

Tapi Glickenhaus tidak ambil pusing terhadapklaim tersebut. Bisa jadi karena mobilnya adalah mobil nomor 2 berbagaikomponen dari nomor 1 yang mengalami kecelakaan saat tes digunakan di mobilnya.

Itulah mengapa orang yang mengklaim memilikiFerrari pertama tidak memiliki Ferrari yang benar-benar "orisinil"karena banyak bagian komponen dan mesin yang menggunakan milik Ford, bukanFerrari.

Inilah Mobil Ferrari Tertua Di Dunia [ www.BlogApaAja.com ]

"(Sementara) Ferrari saya masih memilikisasis, mesin, gearbox dan berbagai komponen mekanikal yang orosinil," kataGlickenhaus seperti detikOto kutip dari Daily Mail.

"Saya datang ke rumah Ferrari diMaranello di Italia Utara. Disana anda akan menemukan mekanikal warisan darimesin ini. Mereka memiliki semua foto, bagian dan pengetahuan untuk restorasiotentik ini," lugasnya seraya mengatakan akan menggunakan mobil inisebagai ikon pengumpulan dana untuk remaja bermasalah di New York.


Follow On Twitter