11 Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah



11 Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah [ www.BlogApaAja.com ]

Saya menjadi moderator bedah buku, judul buku"Rasululullah is My Doctor" karya Jerry D Gray. Kebetulan yangmembedah buku langsung oleh Jerry sendiri.

Ada beberapa hal penting yang saya catatterkait hidup sehat ala Nabi, atau dalam istilah medis Islam disebut ThibunNabawi.

1. Jangan Gunakan Antibiotik



Seringkali kita sakit dan disolusi antibiotikoleh dokter sebagai penyembuhnya. Padahal antibiotik adalah obat kimia yangseringkali hanya meredakan rasa sakit dan tidak mensolusi penyebab timbulnyasakit. Mengkonsumsi obat kimia dalam jumlah banyak bisa menimbulkan rendahnyakekebalan tubuh terhadap penyakit. Solusi yang paling baik, carilah obat-obatalami untuk menyembuhkan, semisal madu, habatusauda, zaitun dan herbal lainnya.Boleh jadi reaksinya lebih lambat dibanding antibiotik, tetapi itu membangunimunitas tubuh terhadap penyakit.

2. Hindari Makanan Instan



Mie, fast food dan soft drink boleh jadi enakdilihat, tapi dalam jangka panjang bisa meruntuhkan keehatan kita. Pencernaandan ginjal seringkali bermasalah saat kita mengkonsumsi fast food dan softdrink. Bahkan saya sering menemui, orang yang gemar minuman suplemen ginjalnyahancur. Makanlah makanan asli bukan makanan buatan.

3. Mengunyah Makanan



Seringkali karena kita terburu-buru saaatmakan tidak jenak. Yang terjadi adalah makan masuk mulut tanpa mengunyah cukupdan langsung masuk lambung. Kurangnya mengunyak menyebabkan usus bekerja kerasmencerna makanan. So, bantu dengan gigi kita untuk melembutkan makanan danmemproduksi air liur.

4. Pola Makan



Makanlah saat lapar dan berhentilah sebelumkenyang. Ini termasuk aturan yang cukup sulit, biasanya kalau sudah makan enaksulit berhenti.

6. Jaga Makan Malam



Terlalu banyak makan malam tidak baik bagikesehatan. Jangan sampai waktu istirahat, perut justru bekerja keras mencernamakanan. Konon, makan banyak sebelum tidur bisa menyebabkan diabetes.Seringkali orang panjang umur saat makan malam dengan buah dan makanan yangtidak membebani pencernaan.

7. Hindari Vitcin



Vitcin atau penyedap rasa memang bikin enak dilidah, tapi tak bersahabat bagi kesehatan. Jerry menjelasakan vitcin sebagaisalah satu penyebab kanker. Saat ini kita sering mendengar begitu banyak orangmeninggal karena kanker, padahal jaman nenek moyang kita jarang kita dengarpenyakit ini.

8. Hindari Vaksin



Vaksinasi sebagai alat untuk membentukkekebalan tubuh ternyata tidak semuanya benar. Untuk hal ini saya punya pengalaman.Anak saya pernah saya vaksi BCG atau anti TBC saat masih bayi, yang terjadimalah anak saya terserang flek diparu-parunya. Feeling saya, vaksin inilah yangmenyebabkan penyakit tersebut.

9. Rajin Olahraga



Asupan makanan dengan kandungan gizi melimpahharus dibakar dengan aktifitas yang cukup. Kebanyakan energi karena makanan dantidak dibakar bisa menjadi salah satu penyakit. Jadi penyakit tidakhanya disebabkan oleh kurang gizi, tetapi kelebihan gizi dan tidak dibakar bisamenimbulkan penyakit.

10. Makanlah Makanan Sebenarnya



Agar tubuh kita sehat, makanlah makanansebenarnya seperti makanan nenek moyang kita. Jangan dimakan apa yang tidakdimakan oleh nenek moyang kita. Makanan sekarang banyak sekali campurankimianya, jadi makanan seperti sayur mayur dan sejenisnya jauh lebih sehatdibanding makanan fast food yang dikemas rapi dan rasanya menggoda lidah.

11. Spiritual



Prof. Sholeh menjelasakan betapa pentingkesehatan spiritual terhadap kesehatan fisik. Banyak sekali orang jatuh sakitkarena gangguan psikis. Boleh jadi kondisi tubuh sehat, makanan bergizi cukup,namun karena kondisi psikis berupa kesedihan, permasalahan hidup yang pelikatau terkena musibah sehingga menggoncangkan sendi-sendi jiwanya dapatmenghantarkan tubuh menjadi sakit. So, selalu dekatlah pada Allah SWT.

Semoga menginspirasi kita untuk hidup sehat.

Follow On Twitter