Ditemukan Spesies Tikus Unik Di Sulawesi Selatan



Ditemukan Spesies Tikus Unik Di Sulawesi Selatan [ www.BlogApaAja.com ]

Unik Asik_Spesies tikus unik yang hidup dari cacing tanah serta tidak dapat mengunyah atau menggigit telah ditemukan di Indonesia. Hewan tikus dengan moncong panjang, runcing digambarkan secara online di British Letters minggu ini di jurnal Biology. Paucidentomys vermidax, yang dapat diterjemahkan secara luas sebagai "tikus bergigi sedikit" dan "pemakan cacing," adalah binatang pengerat satu-satunya diluar lebih dari 2.200 spesies yang dikenal. Dua tikus ditemukan di hutan hujan pegunungan Sulawesi selatan tahun lalu di Gunung Latimojong dan 100 kilometer (62 mil) barat laut di Gunung Gandangdewata.

Spesies tikus ini memang memiliki gigi depan yang tampak seperti taring namun tidak bisa dipakai untuk mengerat maupun mengunyah, binatang ini hanya memakan cacing. Para peneliti mengatakan, penemuan penting menunjukkan bahwa hewan pengerat yang dikenal menggigit dan mengunyah, dipaksa berevolusi untuk bertahan hidup di lingkungan Sulawesi.

Tikus baru menunjukkan keanekaragaman hayati yang unik di pulau itu meskipun ada ancaman manusia dari penebangan dan penambangan liar, kata Anang Achmadi dari Museum Zoologi Bogor .

Follow On Twitter